Membersihkan telinga tidak selalu harus menggunakan terapi ear candle. Terapi ear candle belum tentu aman untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta – Terapi ear candle dipilih para kaum urban sebagai perawatan untuk membersihkan telinga dari kotoran menjijikkan. Sebagian orang percaya terapi menggunakan lilin tipis dapat menyembuhkan sinus. Sementara orang yang sehat melakukan terapi ear candle hanya untuk mencari sensasi hangat dan menenangkan, yang konon dapat menarik energi negatif dari dalam tubuh.

Meski memiliki banyak pendukung yang menyebut terapi ear candle membawa banyak manfaat untuk kesehatan, paramedis justru mengatakan bahwa prosedur semacam ini dapat menyebabkan cedera. Mulai dari perforasi gendang telinga sampai gangguan pendengaran. Dan sedikit sekali bukti yang memerlihatkan terapi ear candle dapat menghilangkan kotoran telinga.

The American Academy of Otalaryngology menunjukkan bahwa tidak ada studi yang mendukung penggunaan terapi ear candle untuk kesehatan. Mereka justru menegaskan terapi ini tidak aman dan merupakan metode kesehatan paling bodoh yang pernah ada.

“Tidak hanya ilmu pasti yang membenarkan metode ini dapat memblokir cairan di telinga tengah dan juga membantu menghilangkan sinus,” kata Kepala Ahli Audiologi Specsavers Nick Taylor.

Konsultan Bedah THR dari East Kent Hospital University NHS Foundation Trust, Henry Sharp mengatakan kotoran telinga tidak selalu harus dibersihkan menggunakan terapi ear candle. Terlalu sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud saja tidak dianjurkan.

“Sebenarnya kotoran telinga yang dianggap penghalang merupakan pelindung terhadap bakteri dan mikroba yang akan memasuki telinga kita,” kata Henry dikutip dari Daily Mail, Kamis (15/9/2016)

Henry dan Nick malah menyarankan orang-orang yang ingin membersihkan telinga menggunakan perawatan yang lebih manusiawi dan tidak berbahaya. Yaitu obat tetes telinga yang umumnya mengandung minyak zaitun dan almond yang dapat membantu melembutkan kotoran telinga sehingga mudah jatuh keluar.

Jika Anda masih tidak nyaman juga, dokter akan menawarkan perawatan lain seperti miscrosuction. Terapi ini tidak menggunakan lilin melainkan perangkat hisap kotoran berukuran mini. Ada juga dengan cara dipompa atau syringed guna menggantikan perawatan terapi ear candle.

 

Pin It on Pinterest

× Ada yang bisa kami bantu?

Apa Kita Tau ?