Idul Adha 1436 H akan segera menjelang dan saatnya kembali menyisihkan rezeki dan berkurban. Bagi umat Muslim, berkurban adalah ibadah yang sangat mulia bila dilakukan. Selain itu juga sebagai lambang syukur dan sarana untuk berbagi dengan sesama.

Karena itulah, wajar jika setiap orang menginginkan kurbannya benar-benar berkualitas dan sampai ke tangan orang yang benar-benar membutuhkan. Mengerti akan keinginan tersebut Dompet Dhuafa hadir dengan program Tebar Hewan Kurban (THK) yang tahun ini mengambil tema “Andai Ini Kurban Terakhirku”. Program yang berjalan sejak 1994 ini memberi berbagai keistimewaan bagi masyarakat yang ingin berkurban. Apa saja?


1. Berkurban lebih mudah

Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya cara berkurban yang konvensional terasa lebih merepotkan. Dompet Dhuafa memanfaatkan teknologi untuk menjamin kemudahan dan kenyamanan berkurban. Misalnya saja dengan layanan Jemput Kurban . Tidak sempat ke gerai THK Dompet Dhuafa, telepon atau SMS saja kenomor layanan Jemput Kurban di 081316847002. Tim layanan jemput kurban akan datang untuk menjemput kurban Anda. Namun, penjemputan memang terbatas  untuk dua ekor kambing saja.

Kemudahan pembelian hewan kurban juga disajikan lewat kerjasama  dengan perusahaan perbankan dan e-commerce. Jadi saat ini hewan kurban bisa dibeli melalui situs belanja tokopedia.com, elevenia.co.id, muslimarket.com, m-saku App, situs donasi.dompetdhuafa.org dan menggunakan QR Code. Pembayaran dapat dilakukan lewat ATM, SMS banking dan internet banking. Ada beberapa pilihan bank yaitu BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, BCA dan Bank Muammalat.

2.  Memberdayakan peternak lokal untuk hadirkan hewan kurban berkualitas

Hewan kurban yang disediakan melalui THK telah sesuai dengan standar mutu yang teruji. Berkurban melalui Dompet Dhuafa juga turut menyejahterakan kehidupan sesama yang berprofesi sebagai peternak. Ini karena hewan-hewan berkualitas tersebut diambil hanya dari peternak lokal binaan yang tergabung dalam program Kampung Ternak Nusantara. Bagian dari program ekonomi Dompet Dhuafa.

3. Kontrol kualitas ketat oleh tim QC Dompet Dhuafa

Untuk memastikan kualitas hewan kurban Dompet Dhuafa merekrut tim pelaksana quality control (QC). Ada beberapa ukuran yang digunakan tim QC untuk menguji kualitas kurban. Ukuran-ukuran tersebut adalah bobot hidup, kesehatan hewan, kondisi fisik hewan, hingga pelaksanaan pemotongan serta distribusi.

Tim QC bertugas melakukan pemantauan, pengontrolan, verifikasi lokasi pendistribusian, pemantauan proses pelaksanaan kurban, hingga pelaporan, pendokumentasian, evaluasi, dan rekomendasi.  Semua hewan kurban dipastikan tidak cacat, sehat dan berbobot ideal. Untuk domba dan kambing biasanya berkisar antara 25-39 kilogram, sementara sapi 250-300 kilogram. Selain itu dipotong dengan cara yang sesuai prinsip syariah serta didistribusikan secara tepat sasaran.


4. Kurban didistribusikan ke pelosok negeri, wilayah konflik dan minoritas Muslim 

Tahun ini Dompet Dhuafa memiliki target menyebarkan 22.000 hewan kurban ke seluruh negeri. Terutama ke daerah-daerah terpencil, tertinggal, rawan gizi, serta daerah yang tengah mengalami bencana dan konflik. Selain di skala nasional, kurban juga akan didistribusikan ke wilayah di negara tetangga yang membutuhkan meskipun di sana jumlah umat Muslim sangat minor. Misalnya saja, Mindanao – Filipina dan Gaza – Palestina. Khusus di Palestina Dompet Dhuafa juga mendistribusikan hewan kurban berupa unta.


5. Mengedukasi anak untuk berkurban

Nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan dan kepedulian pada sesama harus ditanamkan sejak usia muda. Karena itu Dompet Dhuafa memiliki kegiatan Kurban Goes to School untuk mengedukasi anak soal kurban. Cara edukasi lebih menarik dan disesuaikan dengan usia anak. Misalnya saja, dengan cara mendongeng. Tahun ini sosialisasi kurban sudah digelar di 22 sekolah mulai dari jenjang TK hingga SMP sejak 22 September 2015.

Tunggu apa lagi? Kunjungi 150 gerai Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa di Jabodetabek dan  Mari berikan kurban berkualitas demi kebaikan sesama.

(ad/ad)

Pin It on Pinterest

× Ada yang bisa kami bantu?

Apa Kita Tau ?