Lagi Trend … Apa Sih Alat Pel Modern Itu ?

17

FEBRUARY, 2018

Home Appliances Life Style Society

Sedang trend diperbincangan kalangan ibu-ibu rumah tangga mengenai alat pel modern. Biasalah dikala peralatan pel tua mulai rusak, baru sibuk mencari penggantinya. Menjadi ramai dibicarakan karena seperangkat alat pel model lama favoritnya, kini harganya merangkak naik. Apa boleh buat karena butuh tapi harus lebih selektif mencari penggantinya. Apa ada yang lebih bagus ya?

Jakarta – Apa sih yang ditrend-kan sebagai alat pel modern itu? Apa bedanya dengan alat pel milik jaman ibu-ibu kita dahulu?  Untuk masa kedepannya alat pel model begini yang akan menggantikan alat pel model lawas. Selain bersaing dengan fitur baru, harganya pun hampir menyamai satu set komplit alat pel konvensional. Sebetulnya fungsi pel sebagai alat pembersihnya sih sama saja. Sederhananya kain dibasahkan dengan air, diperas-peras lalu digosokan pada lantai sampai kinclong. Bedanya?

Illustrasi Photo Doc.

Photograph by fancypix via Unsplash

Perbedaan yang paling mencolok adalah dari cara membilas dan mengeringkan kain pelnya. Pada alat pel modern berbagai merek, cara membilas dan mengeringkan kain pel dilakukan melalui tongkat yang dapat berputar pada ujungnya jika dinaik-turunkan. Ada pula cara yang mirip tetapi menggunakan sistem injak pedal kaki. Jadi tidak dibilas dan peras langsung dengan tangan seperti dulu. Alhasil lebih bersih dan sehat walafiat karena tangan kita tidak secara langsung terkena air kotoran. Inovasi baru ini benaran hygienis karena selain melalui mulut, kuman penyakit paling sering menyerang tubuh manusia melalui kontak pada permukaan kulit. Salah satu utamanya, melalui sentuhan tangan.

“Perbedaan yang paling mencolok adalah dari cara membilas dan mengeringkan kain pelnya”

Perbedaan lainnya adalah inovasi dari bahan kain pel dan bentuk embernya. Kain pelnya berbeda, mungkin lebih mirip berupa kumpulan sumbu benang ketimbang disebut sehelai kain. Bahannya disebut microfiber karena dibuat dari jalinan serat benang sintetik yang extra halus. Kumpulan serat benang itu dipilin vertikal menjadi sumbu yang ringan, lembut dan tidak padat rapat sehingga lebih cepat kering dan berkemampuan lebih tinggi menyerap air ketimbang daripada sehelai kain.

Tongkat Alat Pel Modern.

Photograph by Jakarta Ad via Unsplash

Kain dijalin dari benang kapas secara horizontal melebar, padat rapat dan tidak disusun bertumpuk-tumpuk ke atas. Jadi meski lebih kecil dimensi ukurannya tapi bahan microfiber ini menang tebalnya, mampu menyerap lebih banyak cairan tetapi juga lebih cepat mengering. Ini adalah hasil tehnologi dari pengembangan serat masa kini. Selain itu bakteri diyakini lebih sulit berkembang di serat benang sintetik yang lebih cepat kering dibandingkan dengan serat benang kapas yang lebih padat rapat pada kain. Inovasi bentuk ember didesign sesuai tongkat pelnya, ada jaring saringan berbahan stainless atau plastik yang dapat berputar dan berfungsi mengeringkan kain pelnya. Kerjanya mirip dengan pengering pakaian pada mesin cuci. Hanya saja berputarnya dilakukan manual dengan tangan menaik turunkan tongkat pel. Hasil pengeringannya memang masih setengah basah dan tidak sama dengan hasil putaran pengering mesin cuci. Tenaga listrik pengering mesin cuci dapat berputar hingga beratus-ratus rpm sedangkan kemampuan tangan manusia tidak demikian. Namun layaknya mengepel lantai memang harus dengan kain setengah basah. Jika kain pel kering tentu tidak efektif menyeka noda bandel pada lantai. Meskipun demikian, hasil pengeringannya cukup sebanding daripada memeras-meras dengan tangan berkali-kali. Jadi kalau dirasa belum cukup kering, dapat diulangi kembali dengan memutar mopnya.

Photograph by Jakarta Ad via Unsplash

Pada bagian dasar ember pel modern juga terdapat kerucut seperti tanduk yang berfungsi sebagai pembilas kain pel. Ada yang bentuknya hanya berupa tonjolan tanduk dan ada juga yang terdapat tambahan gear plastik yang dapat berputar untuk meringankan tekanan tongkat saat membilas. Cara kerjanya sama seperti kita mengucek membilas kain pel pada ember alat pel konvensional. Tapi dengan alat ini, tangan kita tak perlu bercampur terkena air kotornya. Cukup letakan diskpiringan mop secara tegak lurus lalu naik turunkan tongkat pelnya dengan santai perlahan-lahan. Usahakan perlahan-lahan dan tegak lurus ya, soalnya tongkat pel ini terdiri dari sambungan 2 batang pipa. Kalau miring saat menekan kebawah, lama-kelamaan sambungannya melengkung. Jika demikian tongkat menjadi tidak lancar naik turun lagi atau bahkan bisa macet total. Perlu diperhatikan bahwa usia pemakaian tongkat pel sangat bergantung pada cara penggunaannya. Jika salah, bisa bolak balik menganti dengan yang baru tapi tetap sama saja tidak awet.

Botol Dispenser Alat Pel Modern.

Photograph by Jakarta Ad via Unsplash

Utilitas inovasi baru alat pel modern terus dikembangkan dengan penambahan dispenser botol pewangi lantai, lubang drainase air kotor dan menggunakan roda plus handle penariknya mirip koper travel. Selain embernya warna-warni, mungkin sang inovator ingin memanjakan pemakainya dengan menambah fitur baru. Botol pewangi lantai dapat digunakan jika memang pemilik rumah senang keharuman di kamar tidur misalnya. Atau bisa juga diisi dengan cairan antiseptik pembersih lantai. Lubang drainase pembuangan air kotor biasanya bermanfaat bagi manula atau wanita yang sedang mengandung. Tidak perlu berat menuang air kotor, tinggal cabut sumbatnya. Roda pada ember pel tentunya membantu meringankan pemilik rumah yang harus berpindah-pindah kala membersihkan lantai dengan area yang luas.

Khusus bagi kaum wanita yang bertanggung jawab soal bersih-bersih rumah, dengan rutinitas membersihkan lantai sehari sekali atau dua kali setiap hari, pastinya alat pel inovasi baru ini lebih meringankan beban pekerjaan rumah tangga. Lebih mumpuni, hygienis dan menyenangkan meskipun tetap berkeringatan juga. Dulu harus berjongkok jalan saat mengepel lantai kemudian tiba inovasi alat pel sumbu, lumayanlah ada tongkatnya meski sering copot dibagian kepala. Kini jamanya berbeda lebih modern, banyak tersedia berbagai merek alat pel modern dipasaran. Masing-masing produsen mematok harga dan model yang berbeda-beda. Anda tidak perlu memiliki semua fitur yang ditawarkan bila budget terbatas. Pilih saja berdasarkan warna favorite yang disukai asalkan fungsi dasar utamanya harus serupa. Tak perlu bingung memilih lagi, hakekatnya dibutuhkan kebijaksanaan kita sebagai keluarga Indonesia yang cerdas untuk memilih alat pel modern yang tepat sesuai dengan kebutuhan kebersihan rumah tangga. (skyfish)

Pin It on Pinterest

× Ada yang bisa kami bantu?

Apa Kita Tau ?